STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH PADA PEMILU 2019

Authors

  • Syahruddin Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • La Ode M. Nasir Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • Abdul Sarlan Menungsa Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i1.1

Keywords:

Politik, Legislatif, pemilu

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Teori strategi komunikasi digunakan untuk membedah permasalahan ini yaitu efektifitas komunikasi dapat dicapai jika dilakukan langkah; pengenalan khalayak, penyusunan isi pesan, penentuan teknik penyampaian pesan dan pemilihan media. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi politik dilakukan melalui pengenalan khalayak dengan cara segmentasi, targeting, dan positioning, setelah itu dilakukan penyusunan isi pesan berupa produk politik yaitu janji program, past record atau catatan masa lalu. Pesan politik itu disampaikan melalui teknik penyampaian pesan yang sesuai dengan kondisi khalayak seperti teknik redundancy dan canalizing, selanjutnya adalah menentukan media sebagai penyalur pesan politik dan produk politik kontestan pemilu. media yang digunakan yaitu, media komunikasi langsung atau face to face, media cetak, media massa yaitu surat kabar, dan media sosial (facebook dan Instagram). Strategi komunikasi politik ini dijalankan dalam bentuk sosialisasi langsung atau melalui media komunikasi seperti media cetak, media massa, dan media sosial.

References

Arifin, Anwar. 2014. Politik pencitraan-pencitraan politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, Hafied. 2009. komunikasi politik;teori konsep dan strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Firmanzah. 2012. marketing politik antara pemahaman dan realitas. Jakarta: Yayasan pustaka obor Indonesia.

Lee Kaid, Lynda, 2014, Handbook of Political Communication Research, Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey.

Nimmo, Dan. 2015. Komunikator, pesan, dan media. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pradanawati, Ari. 2011. Perilaku pemilih di era politik pencitraan dan pemasaran politik. Vol.39. No 1. ISSN-0126-0731.

Syahruddin. 2020. Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Junral Kareba Vol. 9 No. 2 Juli-Desember 2020. Diakses 13 Maret 2023. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=rmDOPgIAAAAJ&citation_for_view=rmDOPgIAAAAJ:WF5omc3nYNoC

______________. 2021. Perencanaan Komunikasi Pemerintah Daerah Buton Utara dalam Pembangunan. Jurnal Translitera Vol. 10 No. 2/2021. Diakses 13 Maret 2023. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/1352

Downloads

Published

2023-05-12

Issue

Section

Articles