SUKSES ELEKTORAL RUSMAN EMBA: PANDANGAN MENDALAM PADA STRATEGI OFENSIF DAN DEFENSIF

Authors

  • Sulaiman Universitas Halu Oleo
  • Muh Arsyad Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Ishak Syahadat Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i2.13

Keywords:

strategi, politik, pilkada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik kemenangan Rusman Emba pada pemilihan kepala Daerah Kabupaten Muna tahun 2020. Jenis penelitian ini  menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara  dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai Strategi Politik Kemenangan Rusman Emba Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2020 yaitu menggunakan dua strategi oleh Peter Schroder yakni strategi ofensif dan strategi difensif. Strategi ofensif adalah strategi untuk mempertahankan dan meluaskan pasar dengan bentuk sebagai berikut :Pertama, partai pengusung menjalankan kembalin struktur yang ada disetiapa Kecamata, Kelurahan/Desa kemudian memberikan pemahaman kepada masyarakat apa saja yang menjadi program Rusman Emba dari program itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, Kedua, partai pengusung turun kelapangan dengan mensosialisakikan program baru yang akan dibawah Rusman Emba dan meyakinkan pemilih dengan program-program yang berhasil dicapai. Sedangakan strategi defensif kemenangan Rusman Emba yaitu: Pertama, tim pemenang mampu mempertahankan pemilih tetap mereka dan kepada pemilih baru bahwa calon bupati adalah orang yang berkualitas yang selalu menjaga kepercayaan pemilihnya dan selalu hadir di tengah-tengah masyrakat ketika masyarakat memiliki keluhan.

References

Abdulkadir. Dkk Memahami Tentang beberapa Konsep Politik ( Suatu Telaah Dari Sistem Politik.

Ambarwati. Strategi Pemenangan Pasangan Sanusi dan Didik Gatot Subroto (SanDi)dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten MalangTahun 2020

Arif Sugiono. 2013. Strategic Political Marketing, Yogyakarta: Ombak

Arifin Anwar, “Komunikasi Politik : Paradigma, Teori-Aplikasi-Strategi

Bilu, L., & Tunda, A. (2023). DAMPAK KEBIJAKAN DALAM JARINGAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN KONAWE UTARA. Journal Publicuho, 6(2), 693-701.

Budiardjo Miriam. 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.

Cangara, H. (2009). Komunikasi Politik : Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hadari Nawawi. 2005. Manajemen Strategi Organisasi non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Haryani, A. S. & T. (2019).Strategi Politik Pemenangan Pasangan Fairid Naparin Dan Umi Mastikah Dalam Pemilukada Kota Palangka Raya 2018. Jurnal Forum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2 No. 01, 1–17.

Husain, M. N., Nasir, M., & Anggraini, D. (2020). Analisis Evaluasi Badan Penyelenggara Ad Hoc Pemilihan Umum 2019 Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 3(1), 131.

Husein Umar, “Strategi Management In Action”,Jakarta, PT Gramedia Pustaka

Utama,2001

Ikhsan Faisal Angkat,Strategi Pemenangan Pasangan Eddy K.A. Berutu Dan Jimmy Sihombing Dalam Pilkada Serentak 2018 Di Kabupaten Dairi.

Irtanto, Dinamika Politik Lokal,(Yogyakarta, Pustaka Belajar;2008)

Joan nelson dan samuel p. Huntington. 1994. Partisipasi politik di negara berkembang. Jakarta, rineka cipta.

Komunikasi Politik Indonesia”, Jakarta : PT Balai Pustaka, 2013

Mahardika, Timur. 2006. Strategi Membuka Jalan Perubahan. Bantul : Pondok Pustaka

Marhadi, Ahmad dkkStrategi Promosi Wisata Mai Te Wuna sebagai Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Muna

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Depok: UI Press.

Nasution. 1996. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung.Tarsit.

Primadany,Sefira.” Analisis Strategi Pengembangan Daera (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daera Kabupaten Nganjuk )” Jurnal Admintrasi Publik ( JAP ),Vol. 1.No.4, p 135-143

Robinso, and Pearce. 1997 .Manejemen Strategi: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian .Jakarta : Binarupa Aksara .

Sabirin.Strategi Politik Pemenangan H. Muhammad AmruDan H. Said Sani Pada Pemilihan Bupati Periode2017-2022 Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017

Scrooder, peter.2009 .Strategi Politik .Jakarta : FNS

Suaib, E., La Ode Mustafa, R., & Iskandar, N. (2023). ANALISIS KEBIJAKAN BAWASLU PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2020. Journal Publicuho, 6(1), 1-12.

Sumaryono, dkk.Strategi personal branding dalam pemenangan pemilu legislative (studi kasus Ir. Ridwan Bae di Sulawesi tenggara).

Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik: PT. Gramedia Widisuasarana

Uskar, Strategi Branding Politik Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih Pada Pilkada Serentak 2020 Di Kabupaten Bulukumba

Utama, Gusti Bagus.2017 .Kajian Pariwisata Dari Perspektif Ekonomi.

Winda Kustiawan, Nazmi Wiki Kartika, Cindy Indarti Arkana Silalahi, Abdul Majid Nasution. Kampaye Dalam Pemasaran Politik dan Brand Politik

Zubakhrum Tjenreng, Pilkada Serentak Penguatan Demokrasi di Indonesia,(Depok, Pustaka Kemang,2016

Downloads

Published

2023-08-31