GLOBALISASI: EKSPLOITASI ATAU KEBEBASAN PEREMPUAN?

Authors

  • israwati Universitas Halu Oleo
  • Sahrina Safiuddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i2.18

Keywords:

Globalisasi, Eksploitasi, Kebebasan Perempuan

Abstract

Kebebasan seharusnya adalah hal yang absolut untuk dimiliki seluruh individu terlepas dari jenis kelaminnya. Namun, sejak terciptanya masyarakat, kebebasan perempuan selalu dibatasi. Hak dan kesempatan laki-laki hingga kini masih tidak setara dengan perempuan. Perempuan Indonesia sejak dahulu sudah mulai memperjuangkan kesetaraannya, didorong dengan berkembangnya zaman dan globalisasi, perjuangan perempuan Indonesia akan kesetaraan semakin berkembang. Gerakan feminisme bertujuan untuk membantu perempuan memperjuangkan hak dan kebebasan perempuan di masyarakat Indonesia yang masih dominan patriarki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak globalisasi terhadap kaum perempuan. Metode penelitian adalah dengan studi literature deskriptif dan interpretif. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa Globalisasi dan keterlibatan perempuan Pertama, Argumentasi dan tampilan data-data kualitatif di Indonesia menujukan peran perempuan makin membaik dalam keterlibataannya di lembaga publik. Kedua, Argumentasi data kuantitaif menujukkan patriarkhi dan tindakan kekerasan terhadap perempuan masih menjadi persoalan yang dihadapi wanita Indonesia. Ketiga, Globalisasi mampu menstimulus dan meningkatkan solidaritas kaum perempuan. Keempat, Globalisasi belum mampu meningkatkan kualitas hidup perempuan dan menurnkan tindakan kekerasan terhadap perempuan. Kelima, Diperlukan peran negara dalam menciptakan kesetaraan gender.

References

Beilharz, Peter. Social Theory: A Guide to Chentral Thinkers. Yogyakarta: Pustakan Pelajar, 2002.

Giddens, Anthony. Beyond Left and Right: The Futureof Radical Politics. Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2009.

Harris, John et.all. Politik Demokrasi Lokal Baru. Jakarta: Demos, 2004.

Held, David. et.all, Global Transformations: Politics, Economics and Culture. Oxford: Polity, 1999.

Irhomi, T.O. (Penyunting). Kajian wanita dalam pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

Jhon . Creswell, 1994, Research Design: Qualitative,Quantitative,Quantitative And Mixed Methods Approaches :London:Sage Publication.

Komnas Perempuan. Teror Dan Kekerasan Terhadap Perempuan: Hilangnya Kendali Negara Catatan Ktp Tahun 2010. Jakarta: Komnas Perempuan, 2011.

Sen, Amartya. Development as Freedom. New York: Anchor Books.

Suseno, Franz Magnis, Etika Politik. Jakarta: Gramedia, 1987.

Suseno, Nuri. Kewarganegaraan: Tafsir, Tradisi dan Isu-isu konteporer. Jakarta: Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011.

UNDP, Partisipasi Perempuan dalam Politik dan Pemerintah. Jakarta: UNDP, 2010.

Young, Iris M. Justice and the Politics of Difference. New Jersey: Princeton University Press, 1990.

Downloads

Published

2023-11-30