STRATEGI POLITIK AKAR RUMPUT DALAM PEMENANGAN HALIANA-ILMIATI PADA PEMILIHAN SERENTAK 2020

Authors

  • Sri Afrianti Utami
  • Risman Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i2.21

Keywords:

strategi, politik akar rumput

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi politik akar rumput dalam pemenangan Haliana-Ilmiati pada pemilihan Serentak 2020 di Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentansi. Wawancara dilakukan kepada 6 responden, dimana 3 diantaranya merupakan tim pemenangan dan 3 responden merupakan masyarakat. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan strategi pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 di kabupaten Wakatobi, maka dapat diperoleh sebuah kesimpulan bahwa tim pemenangan telah menerapkan strategi politik akar rumput, dimana pasangan Haliana-Ilmiati ini mengaet semua kalangan yang ada di masryarakat, mulai dari tokoh-tokoh masyarakat, muda mudi dan juga kalangan ibu-ibu, dimana dalam melakukan strategi politik akar rumput ini dengan menggunakan 1) segmentasi, dimana tim pemenangan Haliana-Ilmiati mengelompokan pemilih berdasarkan wilayah dan juga usia, hal ini tercermin dari visi dan misi pasangan Haliana-Ilmiati. 2) Tergeting, dimana target tim pemenangan adalah tokoh-tokoh masyarakat, muda mudi dan ibu-ibu. 3) positioning, dimana tim pemenangan Haliana-Ilmiati melakukan kunjungan secara langsung kepada masyarakat untuk menyampaikan visi dan misi, selain itu tim pemenangan juga mengajak masyarakat untuk berdiskusi. Dengan adanya diskusi ini maka tim pemenangan bisa menampung semua aspirasi dan kebutuhan masyarakat di Wakatobi

References

Fadli, M., Bailusy, M. K., Nas, J., & Zulfikar, A. (2018). Keterlibatan Elit Lokal dalam Peningkatan Partisipasi Politik pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara Tahun 2015. Aristo, 6(2), 301. https://doi.org/10.24269/ars.v6i2.1025

Linawati, L., Toruan, R. R. M. L., Gumelar, P. I., & Al-Araf, K. (2022). Komunikasi Politik Muhammad Dwiki Ramadhani Dalam Merebut Dukungan Kalangan Generasi Milenial Pada Pemilu 2019. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 177–189. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1922

Putri, I. A. (2017). Strategi Politik Perempuan Caleg Sumatera Barat Dalam Pemilu 2014. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.24036/8851412020171225

Sugiarto, B., Pratiwi, O. C., Akbar, A. A. S., Politik, J. I., & Soedirman, U. J. (2014). Strategi pemenangan dalam pemilihan kepala daerah Head of regency election winning strategy. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 143–151.

Suherman, A., & Mansur. (2017). Strategi Marketing Politik Calon Independen Dalam Kontestasi Pilkada Serentak Tahun 2017 Di Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Ilmu Sosial, 16(1), 9. https://doi.org/10.14710/jis.16.1.2017.9-19

Syahputra, A. S., Alia Azmi, & Susi Fitria Dew. (2018). Strategi Marketing Politik Calon Independen Dalam Meraih Kemenangan Pada Pilkada Walikota Bukittinggi Tahun 2015. Journal of Civic Education, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.24036/jce.v1i1.11

Downloads

Published

2023-10-28