PENYERAPAN ASPIRASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS POLITIK ANGGARAN DESA PUOSU JAYA, KECAMATAN KONDA, KABUPATEN KONAWE SELATAN)

Authors

  • Peri Ilham Universitas Halu Oleo
  • La bilu Universitas Halu Oleo
  • Muh. Nasir Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v2i1.27

Keywords:

Aspirasi Masyarakat, Pengelolaan Dana desa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penyerapan aspirasi masyarakat dalam pengelolaan dan desa (studi kasus politik anggaran desa puosu jaya,kecapatan konda, kabupaten konawe selatan). Dan untuk mengetahui Bagaimana peran pemerintah desa dalam menerima aspirasi dari masyarakat tentang pengelolaan dana desa. Aspirasi untuk keinginan suatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhui sehinggah manusiah tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraan tidak berkurang. Untuk membedakan antara kebutuhan dan dan keinginan. khususnya pelibatan masyarakat dalam pengelolaan dana desa. Kehadiran masyarakat dalam forum musyawarah desa menunjukan aspirasi masyarakat dalam perencanan dana desa, sesuai dengan temuan penelitian. Dalam musyarah desa, pemerintah menerimah semua saran untuk pengembangan perencana tersebut dan pengembangan desa. Keterlibatan masyarakat dalam akutabilitas pengelolaan dana desa, baik secara teknis maupun secara administrasi. Dalam hal ini dewan desa telah pengeluarkan program yang mengharuskan desa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas program-program yang terkait dengan pengembangan dan pengelolaan dana desa, dan diadakan pertemuan-pertemuan untuk mengkaji anggaran dan bentuk pengelolaan dana desa itu sendiri, sebagai bentuk aspirasi dari masyarakat dalam pengawasan dana desa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aspirasi masyarakat dalam perencanaan dan desa di buktikan dengan antusias aspirasi masyarakat dalam musyawarah desa, bahwa aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa di desa puosu jaya dicapai melalui aspirasi dalam pelaksanan desa dan tim pembangunan, dan bahwa aspirasi masyarakat dalm pertanggungjawaban Dana Desa baik secara teknis maupun secara administrasi, serta peran masyarakat dalam pengawasan berjalan dengan baik.

References

Akuntansi, J., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Islam, U., & Alauddin, N. (2021). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Berdasar Tripologi Islam. 20, 1–20.

Alfana, G. Q. (2020). Model Pengelolaan Dana Desa Yang Efektif Perspektif Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jurnal Legislasi Indonesia, 17(1), 112. https://doi.org/10.54629/jli.v17i1.503

Goni, M. G. H., Nayoan, H., & Liando, D. (2019). Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Anggota Dprd Di Kabupaten Minahasa Selatan Periode 2014-2019. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–8.

Hindom, M. E. S., & Tamher, I. A. (2021). Efektivitas Penyelenggaraan Pemerintahan dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Kampung Tanama Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 1(2), 144–161. https://doi.org/10.33701/jtpm.v1i2.2003

Indonesia, U. M. (2022). YUME : Journal of Management Analisis Perencanaan Pembangunan Partisipatif dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat kedalam APBD Kabupaten Majene. 5(3), 774–795.

Lim, D. S., Morse, E. A., Mitchell, R. K., & Seawright, K. K. Ins 34(3), 491-516. https://doi.org/10.1111%2Fj.1540-6520.2010.00384.x. (2010). Title. In titutional environment and entrepreneurial cognitions: A comparative business systems perspective. Entrepreneurship theory and Practice. (Issue 564, pp. 1–73).

Mathematics, A. (2016). No Title No Title No Title. 1–23.

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, Musnir, Dirman La Ode, dan Bahtiar. (2020). Perubahan Sosial Budaya Pasca-Pengembangan Wisata Pantai Mutiara di Desa Gumanano, Kec. Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Penelitian Budaya. 5(1).

Nikmah. (2018). Tata Kelola Pemerintahan Desa Wisata (Village Governance) Studi Kasus Tata Kelola Pemerintahan Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Pitana I Gde, Diarta Surya I Ketut. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Safitri Febrian Dhana. (2018).Kolaborasi Pemerintah Desa dengan Komnitas Wisata dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Pantai Payangan di Desa Sumberejo Kec. Ambulu Kab. Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Downloads

Published

2024-04-23

Issue

Section

Articles