Peran Perempuan dalam Kontestasi Politik Legislatif

Authors

  • Syardillah Universitas Halu Oleo
  • Eka Suaib Univeristas Halu Oleo
  • Asriani Univeristas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v2i2.35

Keywords:

Eksistensi, Kota Kendari, DPRD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Eksistensi Perempuan dalam kontestasi politik di Kota Kendari.Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan Metode wawancara, Studi Pustaka dan Dokumentasi. Hasil penelitian Eksistensi perempuan di Kota Kendari sudah cukup baik karena dalam segala hal selalu ada afirmasi bagi perempuan, memperhatikan keterwakilan perempuan 30% contoh terdekat adalah. Ketika perebutan penyelenggara Pemilu itu selalu ada afirmasi memperhatikan keterwakilan 30% dan ini merupakan kesempatan dan peluang bagi para perempuan yang memiliki jiwa kemampuan untuk menduduki posisi-posisi strategis ini dapat ikut berpartisipasi tidak lagi hanya laki-laki saja melainkan perempuan juga bisa eksis di kontestasi politik. Wujud dari eksistensi perempuan di Kota Kendari ini sudah meningkat dikarenakan jabatan-jabatan baik legislatif maupun eksekutif di Kota Kendari bukan hanya kaum laki-laki yang isi melainkan perempuan juga dapat memperoleh jabatan dan hak yang sama sehingga tidak ada lagi perbedaan. Peran dan Keterlibatan Perempuan dalam kebijakan politik pembuatan hukum di DPRD Kota Kendari terkait rancangan pembuatan Perda atas keterlibatan perempuan secara keseluruhan ikut terlibat di berbagai fraksi masing-masing partai. Dan perencanaan tentang pengawasan masih terus digenjot baik itu dari pihak DPRD Kota Kendari maupun Pemerintah Kota serta tidak terlepas dari perhatian masyarakat Kota Kendari.

References

Abidin, Z. (2009). Filsafat manusia: Memahami manusia melalui filsafat. PT. Remaja Rosdakarya.

Alfian, R. (2013). Pengantar gender dan feminisme. [Penerbit]. Yogyakarta.

Bilu, L., & Tunda, A. (2023). Dampak kebijakan dalam jaringan terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan dasar pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Konawe Utara. Journal Publicuho, 6(2), 693-701.

Carey, J. M. (2020). The politics of electoral systems. Oxford University Press.

Harjudin, L. (2020). Dilema penanganan COVID-19: Antara legitimasi pemerintah dan kepatuhan masyarakat. Jurnal Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial, 2716, 3857.

Heywood, A. (2014). Politik. Pustaka Pelajar.

Husain, M. N., Nasir, M., & Anggraini, D. (2020). Analisis evaluasi badan penyelenggara ad hoc pemilihan umum 2019 di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 3(1), 131.

Inilah Sultra. (2019, August 24). Rusiawati Abunawas: Mengabdi tanpa batas. https://inilahsultra.com/2019/08/24/rusiawati-abunawas-mengabdi-tanpa-batas/

Suaib, E., La Ode Mustafa, R., & Iskandar, N. (2023). Analisis kebijakan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara dalam pelaksanaan protokol kesehatan pada Pilkada serentak tahun 2020. Journal Publicuho, 6(1), 1-12.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-10-17