KENDALA PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PESISIR DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH

Authors

  • Ardian Hulungo Universitas Halu Oleo
  • Samiruddin Universitas Halu Oleo
  • Rahman Tandi Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Ishak Syahadat Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i1.5

Keywords:

Partisipasi Politik, Masyarakat Pesisir, Pemilihan Kepala Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi politik masyarakat pesisir dalam pemilihan kepala Daerah tahun 2020 di Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu. Jenis Penelitian ini yaitu Kualitatif berdasarkan deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partisipasi Politik . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi politik masyarakat pesisir dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, khususnya di desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara dilihat melalui bentuk-bentuk partisipasi politik yakni : Pertama,  Partisipasi ma syarakat pada saat sosialisasi calon Kepala Daerah masi sangat rendah. Kedua, Partisipasi masyarakat dalam kegiatan kampanye Kepala Daerah sudah maksimal. Ketiga, Partisipasi masyarakat pada saat pemberian suara cukup tinggi. Keempat, Partisipasi masyarakat pada perhitungan atau penetapan suara sudah maksimal. Dari hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa dari Keempat bentuk partisipasi politik secara konvensional sudah diterapkan dengan baik, namun ada beberapa bentuk partisipasi politik yang belum maksimal dalam penerapannya masih terdapat beberapa kendala.

 

References

Anwar Prabu Mangkunegara A.A, 2006, Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Pen. PT Refika Aditama

Sastroatmodjo, Sudijono.1995. Partisipasi politik. Semarang : IKIP press

Bawono, Muhammad. 2008. Persepsi dan Perilaku Pemilih Terhadap Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Legislatif 2004 di Kabupaten Nganjuk. Jurnal M'POWER No.8 Vol.8, Oktober 2008.

Budiardjo, Miriam. 2000. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama

Bengen, D.G. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir Secara Terpadu, Berkelanjutan dan Berbasis Masyarakat. Makalah pada Sosialisasi Pengelolaan Sumberdaya Berbasis Masyarakat. Bogor,

Damsar .2012. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Ed. Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Firmanzah, 2007. Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Gaffar, Afan. 1992. Javanese Voters: A Case Study of Election under a Hegemonic Party System. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Undang-undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2014. Tentang Pemerintahan Daerah. Bandung : Fokusindo Mandiri.

Kartono, Kartini. 1981. Patologi Sosial jilid 1. Bandung: Rajawali Press

Kusnadi, 2002, Konflik Sosial Nelayan, Kemiskinan dan Perebutan Sumberdaya Perikanan, LKIS, Yogyakarta.

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta

Kompas. 2006. Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Lewaherilla, N.E. 2002. Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir dan Lautan. Makalah Program Pasca Sarjana/ S3. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Moleong, Lexy J. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia

Downloads

Published

2023-03-17

Issue

Section

Articles