MOBILISASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA LAGADI KECAMATAN LAWA KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2019

Authors

  • Abu bakar Universitas Halu Oleo
  • Sartono Universitas Halu Oleo
  • Tanzil Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i2.8

Keywords:

Mobilisasi Politik, Pemilihan Kepala Desa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk mobilisasi politik dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Lagadi Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti harus turun langsung kelapangan untuk menemukan dan mengamati langsung keadaan sebenarnya. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam Pemilihan Kepala Desa Di Desa Lagadi Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat Tahun 2019 dinodai dengan adanya mobilisasi politik, yang dilakukan dengan mobilisasi langsung dan tidak langsung. Mobilisasi langsung berupa pengerahan, kampanye terbuka, dan intimidasi atau ancaman. Adapun mobilisasi tidak langsung dilakukan dengan mempengaruhi cara pikir atau pandang dan kampanye hitam. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk mobilisasi yang terjadi di Desa Lagadi diakibatkan kerasnya persaingan, sehingga memaksa calon untuk melakukan berbagai cara dalam mencari dukungan. Adapun faktor yang mempengaruhi mobilisasi politik adalah kurangnya pemahaman politik, sehingga masyarakat Desa Lagadi mudah dimobilisasi dengan bentuk seperti, pemberian uang, pengerahan, intimidasi atau ancaman, kampanye hitam, mempengaruhi cara pikir atau pandang.

References

Almond, Gabriel A. And G Bingham, Jr, 1966. Comparative Politics: Adevelomental Approach. Ne Delhi, Oxford and IBH Publishing Co.

Bilu, L., & Tunda, A. (2023). DAMPAK KEBIJAKAN DALAM JARINGAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN KONAWE UTARA. Journal Publicuho, 6(2), 693-701.

Budiardjo, meriam. 2008. Dasar Dasar Ilmu Politik. Jakarta: gramedia.

F. Isjwara 1992. Pengantar Ilmu Politik. Bandung : bina cipta.

George Towar Ikbal Tawakkal 2017. GAPIT: Jaringan Mobilisasi Suara di Pilkades. Hasil penelitian menunjukan bahwa Masyarakat Mranggen mengenal mesin politik sebagai gapit. Universitas Brawijaya, Indonesia.

Husain, M. N., Nasir, M., & Anggraini, D. (2020). Analisis Evaluasi Badan Penyelenggara Ad Hoc Pemilihan Umum 2019 Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 3(1), 131.

Joan nelson dan samuel p. Huntington. 1994. Partisipasi politik di negara berkembang. Jakarta, rineka cipta.

Karp,Jeffrey A.; Banducci, Susan A.;Bowle, Shaun, 2007. Getting Out the vote. Party Mobilization in a comparative Perspective,Cambridge: Cambridge University Pess.

Kartono, kartini. 2008. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: pt raja .grafindo persada.

Kris Nugroho 2011. Ikhtiar Teoritik Mengkaji Peran Partai dalam Mobilisasi Politik Elektoral. Departemen Politik, Universitas Airlangga.

La Ode Harjudin, L. H. Z. (2020). ‘ Musim Semi’ Dinasti Politik Pada Pemilu 2019 Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Transformative, 6(1), 107-126.

Suaib, E., La Ode Mustafa, R., & Iskandar, N. (2023). ANALISIS KEBIJAKAN BAWASLU PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2020. Journal Publicuho, 6(1), 1-12.

Downloads

Published

2023-08-30