PERILAKU PEMILIH MASYARAKAT PESISIR DALAM PEMILIHAN GUBERNUR SULAWESI TENGGARA TAHUN 2018 KELURAHAN PURIRANO DAN KELURAHAN MATA KOTA KENDARI

Authors

  • Ade irma suryana rahman Universitas Halu Oleo
  • Eka Suaib Universitas Halu Oleo
  • Dian Trianita Lestari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/japmas.v1i2.9

Keywords:

Perilaku Pemilih, Pemilihan Gubernur, Masyarakat Pesisir

Abstract

Tujuan yang ingin di capai penelitian ini untuk mengetahui perilaku pemilih masyarakat pesisir khususnya masyarakat kelurahan Purirano dan kelurahan Mata. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian Kualitatif pendekatan Deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Pesisir kelurahan Mata dan kelurahan Purirano. Teknik analisis data dalam penelitian ini, Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Perilaku Pemilih Masyarakat Di kelurahan Mata dan kelurahan Purirano dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Tahun 2018, mereka memilih menggunakan tiga pendekatan yaitu pendekatan Sosiologis, Rasional, dan Psikologis. Hasil wawancara menunjukkan mayoritas pemilih berdasarkan kedekatan mereka dengan pasangan calon, dengan melihat kerja keras dalam membangun daerah sebelumnya, berdasarkan suku, kepribadian, serta visi misi pasangan calon. Berdasarkan analisis penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa masyarakat Purirano dan Mata memiliki perilaku pendekatan dalam memiih pasangan calon. Dalam hal ini masyarakat pesisir kelurahan Purirano dan Mata, mayoritas memiliki pendekatan sosiologis dan rasional

References

Almond, Gabriel, dan Sydney Verba. (1990). Budaya Politik, Tingkah Laku Politik, dan Demokrasi di Lima Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Asfar, Muhamad. (2007). Pemilu dan Perilaku Pemilu 1955-2004. Surabaya: Pustaka Eureka

Asrinaldi.(2012). Politik Masyarakat Miskin kota: Yogyakarta : Gava Media

Bengen, D. G. (2001). Pedomana Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Bilu, L., & Tunda, A. (2023). DAMPAK KEBIJAKAN DALAM JARINGAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN KONAWE UTARA. Journal Publicuho, 6(2), 693-701.

Bintarto. (1997). Geografi Sosial. Jakarta: Ghalia.

Budiardjo, Miriam. (2008). DasarDasar Ilmu Politik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Faizal. (2002). Tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir di Indonesia. Universitas pertanianbogor

Ferdian, F., Asrinaldi, A., & Syahrizal, S. (2019). Perilaku Memilih Masyarakat, Malpraktik Pemilu Dan Pelanggaran Pemilu. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), 20-31.

Firmanzah. (2010). Marketing Politik : Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Harrison, L. (2016). Metode Penelitian Politik. Jakarta:Kencana.

Husain, M. N., Nasir, M., & Anggraini, D. (2020). Analisis Evaluasi Badan Penyelenggara Ad Hoc Pemilihan Umum 2019 Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 3(1), 131.

Incu Inayah, M. Z. (2017). Bimbingan Kegamaan Di Daerah Pesisir. Jurnal Bimbingan, Penyluhan, Konseling dan Psikoterapi Islam , 39-57.

Joan nelson dan samuel p. Huntington. 1994. Partisipasi politik di negara berkembang. Jakarta, rineka cipta.

Lewaherilla,N.,E. (2002). Pariwisata Bahari;Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir dan Lautan. Makalah Program Pasca Sarjana/S3. Bogor: Instititut Pertanian Bogor

MAULANA, E. (2019). Perilaku Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Presiden dan Wakil presiden tahun 2019 di kecamatan cimerak kabupaten pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 335-343.

Muhammad, I. S. (2020). Perilaku Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Mujani, Saiful, William R. Liddle, dan Kuskridho Ambardi. 2012. Kuasa Rakyat: Analisis tentang Perilaku Memilih dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden Indonesia Pasca-Orde Baru. Jakarta: Mizan Publika.

MUSTAQIM. (2015). Perilaku Politik Masyarakat Pesisir(Studi Kasus Masyarakat Pesisir Kampung Gampancayya KelurahanTallo Kecamatan Tallo Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mutriani, (2016). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Masyarakat Nelayan Di Desa Lero Tatari Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. E- Journal Geo- Tadulako. Fkip Universitas Tadulako. Palu

Pamungkas, Sigit. (2012). Pemilu,Perilaku Pemilih dan Kepartaian. Institute For Democracy and walfarism (IDW). Yogyakarta :Perum Griya Saka Permai.

Plano, Jack.(1985). Kamus Analisa Politik. Jakarta: Rajawali Press

Prianto, E. (2005). Proseding “Fenomena actual tema Doktoral Arsitektur dan perkotaan” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Raffiudin, R. (2014). Ruang Lingkup Teori Politik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, I. L. (2020). Politik masyarakat pesisir: studi partisipasi politik masyarakat nelayan Tambak Lorok Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang terhadap pemilihan presiden dan PEMILU legislatif DPRD Kota Semarang 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang).

Sastratmdjo, Sudijono (1995). Perilaku politik. IKIP Semarang

Satria,Arief (2002). Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. PT. Pustaka Cidesindo

Shabrina, S. I. N. (2018). Pengaruh Keluarga Terhadap Perilaku Politik Dilihat Dari Latar Belakang Keluarga Dan Sosialisasi Politik Dalam Keluarga (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah).

Sitepu, P Anthonius.(2007). Dalam politk Identitas dan Pencitraa Kandidat Gubernur Terhadap Perilaku Pemili. Jurnal Politik Universitas Nasional. VOL. 12 No. 01.2016

Suaib, E., La Ode Mustafa, R., & Iskandar, N. (2023). ANALISIS KEBIJAKAN BAWASLU PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2020. Journal Publicuho, 6(1), 1-12.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta., cv.

Surbakti, R. (1992). Memahami Ilmu Politik. Grasindo.

Syatori, A. (2016). EKOLOGI POLITIK MASYARAKAT PESISIR (Analisis Sosiologis Kehidupan Sosial-ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Nelayan Desa Citemu Cirebon). Holistik, 15(2).

Usman, S. (2003). Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 310 Hal.

Yudi, A. G. (2015). Perilaku Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Presiden Tahun 2014 (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area).

Downloads

Published

2023-08-30